LAPORAN PENDAHULUAN KONSEP KEPEMIMPINAN


SEBELUM MEMBACA ALANGKAH BAIKNYA KLIK GAMBAR LOGO STIKES BINA PUTERA BANJAR UNTUK MENGETAHUI LEBIH BANYAK TENTANG KAMPUS KAMI
ꜜꜜ

SILAKAN KLIK GAMBAR TERSEBUT


TERIMAKASIH
SELAMAT MEMBACA
















LAPORAN PENDAHULUAN







SILAKAN KLIK GAMBAR TERSEBUT




OLEH :

DIVI FAHRIZAL P







BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Manajer adalah seorang yang mempunyai wewenang untuk memerintah orang lain. Seorang manajer dalam menjalankan pekerjaan dan tanggung jawabnya menggunakan bantuan orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, ia perlu memimpin pegawai, karyawan, pekerja, atau apapun sebutannya. Tidak setiap orang yang ditunjuk sebagai pemimpin bisa menjalankan pekerjaan dengan baik. Selain itu, tidak setiap pemimpin dapat menjadi pemimpin yang baik.
Mc. Gregor menyatakan bahwa setiap manusia merupakan kehidupan individu secara keseluruhan yang selalu mengadakan interaksi dengan dunia individu lainnya. Apa yang terjadi dengan orang tersebut merupakan akibat dari perilaku orang lain. Sikap dan emosi dari orang lain mempengaruhi orang tersebut. Bawahan sangat tergantung pada pimpinan dan berkeinginan untuk diperlakukan adil. Suatu hubungan akan berhasil apabila dikehendaki oleh kedua belah pihak.
Bawahan memerlukan rasa aman dan akan memperjuangkan untuk melindungi diri dari ancaman yang bersifat semu  atau yang benar - benar ancaman terhadap tidak terpenuhinya kebutuhan dalam situasi kerja.
Atasan / pimpinan menciptakan kondisi untuk mewujudkan kepemimpinan yang efektif dengan membentuk suasana yang dapat diterima oleh bawahan, sehingga bawahan tidak merasa terancam dan ketakutan.
Untuk dapat melakukan hal tersebut di atas, baik atasan maupun bawahan perlu memahami tentang pengelolaan kepemimpinan secara baik, yang pada akhirnya akan terbentuk motivasi dan sikap kepemimpinan yang profesional
B.     RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah dari makalah ini antara lain :
1.      Mengetahui  konsep kepemimpinan yang berisikan pengertian, kriteria Pemimpin, dan kepemimpinan  keperawatan dalam menejemen keperawatan.
2.      Mengetahui teori – teori kepemimpinan dalam menejemen pelayanan kesehatan.
3.      Mengetahui  dan menjelaskan gaya kepemimpinan dalam manajemen keperawatan.
4.      Mengetahui dan menjelaskan cirri dan ketrampilan yang harus dikuasai pemimpin yang efektif.
5.      Mengetahui peran dan fungsi dari kepala ruang sebagai seorang pemimpin.

C.   TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini supaya para pembaca khususnya mahasiswa mampu untuk :
a.    Mampu mengetahui konsep dasar kepemimpinan
b.    Mampu mengetahui teori kepemimpinan
c.    Mampu mengetahui gaya kepemimpinan
d.   Mampu mengetahui ciri dan ketrampilan kepemimpinan efektif
e.    Mampu mengetahui peran dan fungsi kepala ruang sebagai kepemimpinan

BAB II
PEMBAHASAN
A.     KONSEP KEPEMIMPINAN
1.      Pengertian
Ada beberapa pengertian tentang kepemimpinan , antara lain :
a.       Stogdill
Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas seseorang atau sekelompok orang untuk mau berbuat dan mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan( Russel C Swansburg, 2000, Hal : 267 ).
b.      Ordway Ted
Kepemimpinan adalah perpaduan berbagai perilaku yang dimiliki seseorang sehingga orang tersebut mempunyai kemampuan untuk mendorong orang lain bersedia dan dapat menyelesaikan tugas - tugas tertentu yang dipercayakan kepadanya.
c.       Georgy R. Terry
Kepemimpinan adalah hubungan yang tercipta dari adanya pengaruh yang dimiliki seseorang terhadap orang lain sehingga orang lain tersebut secara sukarela mau dan bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
d.      Paul Hersay, Ken Blanchord
Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas seseorang atau sekelompok  orang untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan dalam suatu situasi tertentu.
( H. Zaidin Ali, 2000. Hal :3-5 )

Dapat dipahami dari empat batasan di atas bahwa kepemimpinan   akan     muncul apabila ada seseorang yang karena sifat - sifat dan perilakunya mempunyai kemampuan untuk mendorong orang lain untuk berpikir, bersikap, dan ataupun berbuat sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkannya. 
Kepemimpinan dalam konteks organisasi utamanya menekankan pada fungsi pengarahan yang meliputi memberitahu, menunjukkan, dan memotivasi bawahan.
Di dalam keperawatan kepemimpinan merupakan penggunaan ketrampilan seorang pemimpin ( perawat ) dalam mempengaruhi perawat - perawat lain yang berada di bawah pengawasannya untuk pembagian tugas dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan sehingga tujuan keperawatan tercapai. Setiap perawat mempunyai potensi yang berbeda dalam kepemimpinan, namun ketrampilan ini dapat dipelajari sehingga selalu dapat diterapkan dan ditingkatkan.

2.      Kriteria Pemimpin
Menurut R.L.Khan mengemukaaan bahwa seorang pemimpin menjalankan pekerjaannya dengan baik bila :
a.       Memberikan kepuasan kebutuhan langsung para bawahannya.
b.      Menyusun jalur pencapaian tujuan
c.       Menghilangkan hambatan – hambatan pencapaian tujuan
d.      Mengubah tujuan karyawan sehingga tujuan mereka bisa berguna secara organisatoris
          Menurut S.Suarli Pemimpin yang berkualitas harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
a.       Mempunyai keinginan untuk menerima tanggung jawab
b.      Mempunyai kemampuan untuk perceptive insight atau persepsi introspektif
c.       Mempunyai kemampuan untuk menentukan priorotas
d.      Mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi

3.      Kepemimpinan dan Keperawatan
Menurut Milio perawat mempunyai kapasitas kekuatan  untuk mempengaruhi kebijakan masyarakat dan menganjurkan untuk mempersiapkan langkah-langkah berikut :
a.       Mengatur,
b.       Melakukan pekerjaan : belajar mengerti proses politik, kelompok-kelompok penting, masyarakat,   dan kejadian tertentu,
c.        Menyusun perbedaan pendapat yang bersifat memancing untuk mencocokan target peserta dengan mengajukan pembatalan biaya, dukungan politik, kejujuran dan keadali,
d.       Mendukung dan memperkuat kedudukan pembuat keputusan yang tidak mantab,
e.        Menghimpun kekuatan,
f.        Merangsang perdebatan masyarakat,
g.        Membuat kedudukan perawat dimedia massa,
h.       Memilih suatu strategi utama yang paling efektif
i.         Bertindak pada saat yang tepat,
j.         Mempertahankan kegiatan,
k.       Memelihara format desentralisasi organisasi,
l.         Mendapatkan dan mengembangkan data penelitian yang terbaik untuk menunjang posisi masing-masing,
m.     Mempelajari pengalaman,
n.       Jangan menyerah tanpa mencoba.
Perawat dalam posisi kepemimpinan adalah paling berpengaruh.
B.     TEORI KEPEMIMPINAN
1.      Georgy R. Terry
a.       Teori Keadaan
Kepemimpinan yang bersifat fleksibel, yang selalu menyesuaikan terhdap situasi.
b.      Teori Supportif/ Partisipatif/ Demokratik
Pimpinan memberikan support kepada bawahan untuk bekerja baik.
c.       Teori Sosiologi
Pemimpin membantu aktivitas pengikut dan menyelesaikan konflik organisasi dan pengikut.
d.      Teori Psikologis
Pemimpin dengan berjalannya kepemimpinan meningkatkan motivasi pengikut atau bawahan.
e.       Teori Otokratis
Pemimpin dengan berjalannya kepemimpinan memberikan perintah, paksaan dan tindakan ( arbiater ).
f.       Teori Kelakuan Pribadi Pemimpin
Dapat ditandai dengan kontinum kepemimpinan sebagai berikut :
2.      Ki Hajar Dewantara
Trilogi kepemimpinan dari Ki Hajar Dewantara :
a.       Ing ngarso sung tulodo
Di depan memberi teladan. Maksudnya seorang pemimpin harus dapat menjadikan dirinya sebagai anutan dan ikutan orang – orang yang dipimpinnya.
b.      Ing madya mangun karso
Ditengah menumbuhkan karsa atau kehendak ( inisiatif ), membangkitkan semangat berswakarsa dan kreatifitas orang lain yang dipimpinnya.
c.       Tut wuri handayani
Mengikuti dari belakang dengan membimbing, bahwa seorang pemimpin harus member kesempatan dan mendorong orang – orang yang dipimpinnya agar berani berjalan didepan dan sanggup bertanggung jawab.

3.      Teori Sifat ( The Traitist theory of leadership )
a.       Ordway Tead
Ada 10 sifat yang perlu dimiliki seorang pemimpin :
1)      Memiliki kekuatan fisik dan mental,
2)      Paham arah dan tujuan,
3)      Antuasiasme,
4)      Ramah tamah dan efektif,
5)      Memiliki integritas ( terpercaya ),
6)      Memiliki keahlian tehnis,
7)      Cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan,
8)      Cerdas,
9)      Cakap mengajar,
10)  Setia.

b.      Jhon D. Millet
Ada 4 sifat yang perlu dimiliki oleh setiap pemimpin :
1)      Kemampuan melihat perusahaan ( atau organisasi ) secara keseluruhan,
2)      Kemampuan mengambil keputusan,
3)      Kemampuan melimpahkan atau mendelegasikan wewenang,
4)      Kemampuan menanamkan kesetiaan pada perintah.
c.       George R. Terry
1)      Cerdas ( intelligence )
2)      Inisiatif
3)      Kekuatan atau pendorong ( energy or drive )
4)      Kematangan emosi ( emotional maturity )
5)      Meyakinkan ( persuasive )
6)      Kemahiran berkomunikasi ( communicate skill )
7)      Percaya diri ( self-assurance )
8)      Cerdik ( perceptive )
9)      Kreatif ( creativity )
10)  Berperan serta dalam pergaulan social ( social participation ).



d.      Shri Majapahit Gajah Mada
Panca dasa kepemimpinan Gajah Mada adalah :
1)      Wijnanan- sikap bijaksana,
2)      Mantra Wira – sebagai pembela Negara sejati,
3)      Wicaksanang Naya – bijaksana – kemampuan menganalisan dan mengambil keputusan,
4)      Matanggwan – mendapat kepercayaan dari bawahan,
5)      Satya Bakti Haprabhu – loyal pada atasan,
6)      Wajnana – pandai berpidato dan berdiplomsi,
7)      Sajjawopasama – tidak sombong, rendah hati, manusiawi,
8)      Dhirottsaha – bersifat rajin, kreatif,
9)      Tan Lalana – bersifat gembira, periang,
10)  Disyacitta- jujur, terbuka,
11)  Tan Satrisna – tidak egois,
12)  Masihi Samastha Bhuwana – bersifat penyayang, cinta alam,
13)  Ginong Pratidina – tekun menegakkan kebenaran,
14)  Sumantri- sebagai abdi Negara yang baik,
15)  Anayakan Musuh – mampu membinasakan lawan.

e.       H. Zaidin Ali, SKM.MBA.MM
1)      Tegas ( Firm )
Selalu menegakkan peraturan dengan tegas, member hadiah ( reword ) bagi yang berpartisipasi dan hukuman ( pinishmat ) bagi yang bersalah / melanggar peraturan.
2)      Adil ( Fair )
Selalu berlaku adil terhadap bawahan sesuai dengan beban kerja dan beban tanggung jawabnya.
3)      Sikap berteman ( Friendly )
Bersikap keterbukaan, kebersamaan, kekeluargaan dan keakraban antara pimpinan dan bawahan.
( H. Zaidin Ali, SKM, 2000, Hal : 7-11 )
C.     GAYA KEPEMIMPINAN
Gaya kepemimpinan dapat diartikan sebagai penampilan atau karakteristik khusus dari suatu bentuk kepemimpinan Ada 4 (empat) gaya kepemimpinan yang telah dikenal yaitu: otokratis, demokratis, partisipatif dan laissez faire (Gillies, 1996).
1.      Gaya Kepemimpinan Otokratis
Gaya kepemimpinan otokratis adalah gaya kepemimpinan yang menggunakan kekuatan jabatan dan kekuatan pribadi secara otoriter, melakukan sendiri semua perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan dan memotivasi bawahan dengan cara paksaan, sanjungan, kesalahan dan penghargaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dengan ciri-ciri sebagai berikut :
a.       Wewenang mutlak terpusat pada pimpinan,
b.      Keputusan selalu dibuat oleh pimpinan,
c.       Kebijaksanaan selalu dibuat oleh pimpinan,
d.      Komunikasi berlangsung satu arah dari pimpinan kepada bawahan,
e.       Pengawasan terhadap sikap, tingkah laku, perbuatan atau kegiatan para bawahannya dilakukan secara ketat,
f.       Prakarsa harus selalu dating dari pimpinan,
g.      Tiada kesempatan bagi bawahan untuk memberikan saran, pertimbangan atau pendapat,
h.      Tugas- tugas bagi bawahan diberikan secara instruktif,
i.        Lebih banyak kritik daripada pujian,
j.        Pimpinan menuntut prestasi sempurna dari bawahan tanpa syarat,
k.      Pimpinan menuntut kesetiaan mutlak tanpa syarat,
l.        Cenderung adanya paksaan, ancaman dan hukuman,
m.    Kasar dalam bertindak,
n.      Kaku dalam bersikap,
o.      Tanggung jawab keberhasilan organisasu hanya dipikul oleh pimpinan.

Keuntungan          : kecepatan serta ketegasan dalam pembuatan keputusan dan bertindak, sehingga untuk sementara mungkin produktivitas dapat naik.
Kerugian               : suasana kaku, tegang, mencekam, menakutkan sehingga dapat berakibat lebih lanjut timbulnya ketidak puasan.

2.      Gaya Kepemimpinan Demokratis
Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya seorang pemimpin yang menghargai karakteristik dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anggota organisasi.Pemimpin yang demokratis menggunakan kekuatan jabatan dan kekuatan pribadi untuk menggali dan mengolah gagasan bawahan dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan bersama.
Gaya kepemimpinan demokratis memiliki ciri- ciri sebagai berikut :
a.       Wewenang pimpinan tidak mutlak,
b.      Pemimpin bersedia melimpahkan sebagai wewenang kepada bawahan,
c.       Keputusan dibuat bersama antara pimpinan dan bawahan,
d.      Kebijakan dibuat bersama antara pimpinan dan bawahan,
e.       Komunikasi berlangsung timbale balik, baik terjadi antar pimpinan dengan bawahan maupun bawahan dengan bawahan,
f.       Pengawasan terhadap sikap, tingkah laku perbuatan atau kegiatan bawahan dilakukan secara wajar,
g.      Prakarsa dapat dating dari pimpinan maupun bawahan,
h.      Banyak kesempatan bagi bawahan diberikan dengan lebih bersifat permintaan dari pada instruktif,
i.        Tugas-tugas kepada bawhan diberikan dengan lebih bersifat permintaan dar pada instruktif,
j.        Pujian dan kritik seimbang,
k.      Pimpinan mendorong prestasi sempurna para bawahan dalam bats kemampuan masing-masing,
l.        Pimpinan meminta kesetiaan secara wajar,
m.    Pimpinan memperhatikan perasaan dalam bersikap dan bertindak,
n.      Terdapat suasana saling percaya, saling hrmat, menghormati dan saling harga menghargai,
o.      Tanggung jawab keberhasilan organisasi dipikul bersama pimpinan dan bawahan.
Keuntungan          : berupa keputusan serta tindakan yang lebih objektif, tumbuhnya rasa ikut memiliki, serta terbinannya moral yang tinggi.
Kelemahan            : keputusan serta tindakan kadang – kadang lamban, rasa tanggung jawab kurang, keputusan yang dibuat bukan merupakan keputusan yang terbaik.
3.      Gaya Kepemimpinan Partisipatif
Gaya kepemimpinan partisipatif adalah gabungan bersama antara gaya kepemimpinan otoriter dan demokratis dengan cara mengajukan masalah dan mengusulkan tindakan pemecahannya kemudian mengundang kritikan, usul dan saran bawahan. Dengan mempertimbangkan masukan tersebut, pimpinan selanjutnya menetapkan keputusan final tentang apa yang harus dilakukan bawahannya untuk memecahkan masalah yang ada.

4.      Gaya Kepemimpinan Laisses Faire “ Liberal “
Gaya kepemimpinan laisses faire dapat diartikan sebagai gaya “membebaskan” bawahan melakukan sendiri apa yang ingin dilakukannya. Dalam hal ini, pemimpin melepaskan tanggung jawabnya, meninggalkan bawahan tanpa arah, supervisi atau koordinasi sehingga terpaksa mereka merencanakan, melakukan dan menilai pekerjaan yang menurut mereka tepat.
Kepemimpinan Liberal antara lain berciri :
a.       Pimpinan melimpahkan wewenang sepenuhnya kepada bawahan,
b.      Keputusan lebih banyak dibuat oleh para bawahan,
c.       Kebijaksanaan lebih banyak dibuat oleh para bawahan,
d.      Pimpinan hanya berkomunikasi apabila diperlukan oleh bawahannya,
e.       Hampir tiada pengawasan terhadap sikap, tingkah laku, perbuatan, atau kegiata yang dilakukan para bawahan,
f.       Prakarsa selalu dating dari bawahan,
g.      Hampir tida pengarahan dari pimpinan,
h.      Peran pimpinan sangat sedikit dalam kegiatan kelompok,
i.        Kepentingan pribadi lebih utama daripada kepentingan kelompok,
j.        Tanggung jawab keberhasilan organisasi dipikul oleh orang per orang.
Selanjutnya dapat dikemukan bahwa keempat gaya kepemimpinan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Setiap gaya kepemimpinan bisa efektif dalam situasi tertentu tetapi tidak efektif dalam situasi lainya.
Menurut (Gillies, 1996) Faktor yang menetukan efektifitas gaya kepemimpinan secara situasional meliputi:
1.      Kesulitan atau kompleksitas tugas yang diberikan,
2.      Waktu yang tersedia untuk menyelesaikan tugas,
3.      Ukuran unit organisasi,
4.      Pola komunikasi dalam organisasi
5.      Latar belakang pendidikan dan pengalaman pegawai,
6.      Kebutuhan pegawai dan kepribadian pemimpin

Keuntungan     : para anggota atau bawahan akan dapat mengembangkan kemampuan dirinya.
Kelemahan      : kekacauan karena tiap pejabat bekerja menurut selera masing- masing.
D.     Ciri Dan Ketrampilan Yang Harus Dikuasai Pemimpin Yang Efektif
Menurut Kadarman & Udaya Seorang pemimpin yang efektif tidak akan menggunakan kelebihannya untuk menaklukkan orang lain, namun justru digunakan untuk mendorong bawahannya dalam mencapai tujuan sesuai dengan kemampuan yang ada.
1.      Swanburg (2000) menyatakan bahwa karakteristik pemimpin yang efektif adalah sebagai berikut:
a.       Intelegensi (pengetahuan, pendapat, keputusan, berbicara)
b.      Kepribadian (mudah adaptasi, waspada, kreatif, kerjasama, integritas pribadi yang baik, keseimbangan emosi dan tidak ketergantungan kepada orang lain)
c.       Kemapuan (bekerjasama, hubungan antar manusia dan partisipasi sosial).
2.      Fiedler (1977), dikutip dari Gillies (1996) menyatakan bahwa kepemimpinan dapat berjalan efektif bila:
a.       Kepemimpinan berganti dari satu orang ke orang lain dan berganti dari satu gaya ke gaya lainnya seiring dengan terjadinya perubahan situasi kerja.
b.      Pemimpin sebaiknya berasal dari anggota kelompok kerja, mengenal situasi kerja dan memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibanding anggota kelompok kerja lainnya.
      
3.      Bennis menyatakan bahwa pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang memenuhi karakteristik sebagai berikut:
a.       Mempunyai pengetahuan yang luas dan kompleks tentang sistem manusia.
b.      Menerapkan pengetahuan tentang pengembangan dan pembinaan bawahan.
c.       Mempunyai kempuan menjalin hubungan antar manusia.
d.      Mempunyai sekelompok nilai dan kemampuan yang memungkinkan untuk mengenal orang lain dengan baik.

4.      Merton, menguraikan kepemimpinan yang efekti dapat memenuhi 4 keadaan yaitu :
a.       Seseorang akan mengerti apabila menerima auatu komunikasi,
b.      Mempunyai pedoman apa yang harus dilakukan yang diminta oleh komunikasi tadi,
c.       Percaya bahwa perilaku yang diminta adalah sesuai dengan kehendak perorangan dengan nilai yang baik,
d.      Sesuai dengan tujuan dan nilai organisasi.
E.     Peran Dan Fungsi Kepala Ruang Sebagai Pemimpin
Menutur Depkes RI 1994, “ Kepala ruangan adalah seorang tenaga perawat profersional yang diberi tanggung jawab dan wewenang dalam mengelola kegiatan pelayanan keperawatan di satu ruang rawat.”
1.      Peran Kepala Ruang
Adapun tanggung jawab kepala ruangan menurut Gillies (1994) adalah peran kepala ruangan harus lebih peka terhadap anggaran rumah sakit dan kualitas pelayanan keperawatan, bertanggung jawab terhadap hasil dari pelayanan keperawatan yang berkualitas, dan menghindari terjadinya kebosanan perawat serta menghindari kemungkinan terjadinya saling melempar kesalahan.
Tanggung jawab kepala rungan dapat diidentifikasi sesuai dengan perannya meliputi:
a.       Manajemen personalia/ketenagaan, meliputi penerimaan, seleksi, orientasi, pengembangan tenaga, penilain penampilan kerja, promosi dan penyediaan ketenagaan staf keperawatan.
b.      Manajemen operasional, meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan dalam pelayanan keperawatan.
c.       Manajemen kuliatas pelayan, meliputi pengembangan standar asuhan keperarawatan, program kendali mutu, program evaluasi team dan persiapan untuk akreditasi pelayanan keperawatan.
d.      Manajemen finansial, meliputi budget, cost control dalam pelayanan keperawatan.
2.      Fungsi Kepala Ruang
Adapun fungsi kepala ruangan menurut Marquis dan Houston (2000) sebagai berikut:
a.       Perencanaan : dimulai dengan penerapan filosofi, tujuan, sasaran, kebijaksanaan, dan peraturan – peraturan : membuat perencanaan jangka pendek dan jangka panjang untuk mencapai visi, misi, dan tujuan, organisasi, menetapkan biaya – biaya untuk setiap kegiatan serta merencanakan dan pengelola rencana perubahan.
b.      Pengorganisasian: meliputi pembentukan struktur untuk melaksanakan perencanaan, dan menetapkan metode
Menurut Kron (1981), ruang lingkup kegiatan kepemimpinan dalam keperawatan meliputi:
1.      Perencanaan dan pengorganisasian
2.      Membuat penugasan dan memberi pengarahan
3.      Pemberian bimbingan
4.      Mendorong kerjasama dan partisipatif
5.      Kegiatan koordinasi
6.      Evaluasi hasil kerja.









Komentar